Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Dampak Internet Dalam Kehidupan Manusia

 BAB 1

1.      LATAR BELAKANG

Dewasa ini semakin banyak orang yang beranggapan bahwa Internet itu adalah buatan dari kaum kafir, kaum yahudi bahkan ada juga yang beranggapan bahwa seluruh orang yang menggunakan Internet adalah kafirun, orang yang menghabiskan waktu kosongnya hanya untuk kesenangan semata.


            Padahal ada banyak kegunaan dari perangkat dunia ini dan mendorong agar kalian dapat menjelajahi seluruh dunia.Bukankah Allah menegaskan agar umatnya untuk memperkuat serta mempererat tali silaturahmi dan menuntut Ilmu. Apakah Internet Tidak dapat digunakan sebagai alat untuk memperkuat silaturahmi kita? Mengapa banyak pendapat tentang perangkat dunia ini sedemikian rupa? Apa yang menyebabkan mereka tidak tahu ada pengetahuan yang banyak dari Internet? Dimana ia mendapatkan informasi sehingga mengklaim Internet itu buatan kafirun? Nah, di sinilah saya akan menjelaskan tentang internet dalam islam.

2.      RUMUSAN MASALAH

Internet adalah sosok yang paling terkenal pada masa ini di semua kalangan. Namun, hanya sebagian yang menggunakan Internet itupun hanya menggunakan, bukan mengetahui ada banyak manfaat dari Internet.Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi agar istilah mempererat tali silaturahmi anak-anak dapat diizinkan masuk ke dunia Internetan dengan kurangnya pengawasan akibat klaim orang tua bahwa Internet hanya alat silaturahmi.Tapi kita hargai karena internet memang alat silaturahmi tapi jangan ragukan kalau orang tua pasti ada yang kebingunan. Sehingga internet memiliki sisi positif dan negatif yang membuat orang tua zaman sekarang kebingungan menghadapi anak-anaknya.

3.      BATASAN MASALAH

Disini saya akan membahas masalah sebagai berikut :
1. Dampak positif dan negatif internet
2. Bagaimana sebaiknya menghadapi perkembangan zaman terutama melalui internet
3. Cara mencegah dampak negatif internet

4.      TUJUAN

  1. memberikan pengertian kepada umat muslim tentang bagaimana sebaiknya menggunakan internet.



BAB 2

A. PEMBAHASAN MASALAH

  1. Dampak positif dan negatif dari internet
 Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari internet:
a. Dampak Positif
 1. Membentuk sumber pengetahuan bagilah ilmu pengetahuan itu dengan sahabatmu Pernahkah kalian mendengarkan kalimat ini. Itulah salah satu manfaat Internet yang menjadikan Internet berdampak Positve. Contoh kasusnya adalah dengan membentuk sebuah blog, dengan blog ini kalian dapat berbagi catatan tentang kehidupan bahkan mengajarkan agama kita.
2. Mencari Pengetahuan dengan ensklopedia dan referensi
 dengan adanya internet, dapat dengan mudah mencari referensi untuk menyerjakan tugas-tugas sekolah, berdiskusi, dan mencari kebenaran tentang suatu ilmu.

b. Dampak Negatif
1. Memunculkan pencurian hak cipta
 Dengan mudahnya mengambil informasi dari internet, banyak sekali oknum tak bertanggung jawab yang mengkopi dari internet. Sudah banyak catatan yang mirip sekali dengan catatan yang lain.Inilah yang kadang menimbulkan kontroversi dizaman ini.Karya orang lain dianggap karya sendiri, karya milik kita dianggap sebagai karya orang lain.Marilah kita menggunakan rasa sopan dan keadilan,bukankah Allah menugaskan kita di bumi ini agar bersikap jujur dan tidak mengambil punya orang lain.
2. Munculnya penyakit malas
 Dengan begitu mudahnya menggunakan internet, para pemuda akan menggampang-gampangkan urusan dan menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Sehingga dapat melalaikan.

  1. Bagaimana sebaiknya menghadapi perkembangan zaman terutama melalui internet
Berikut cara menghadapi perkembangan zaman melalui internet yaitu :
a)      jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang baru
b)     dapat menyaring datangnya hal-hal baru
c)      tetap berpegang dengan ideologi yang dianut
d)     jangan mudah terpengaruh dengan perkembangan apapun bentuknya
e)      harus dapat tetap berfikir ke depan dan berpikiran positif,
dan masih banyak lagi cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi perkembangan zaman melalui internet saat ini.  Dengan adanya semua ini diharapakan negara dan masyarakatnya dapat menghadapi perkembangan zaman melalui internet yang setiap kali datang dengan cepat.
  1. Cara mencegah dampak negatif internet
Penggunaan internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu. namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya. Berikut adalah langkah praktis jika anda ingin anak anda dan anda bebas dari label gaptek namun terhindar dari paparan informasi menyesatkan :
a). Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. kondisikan bahwa masuk ke situs negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.
b). Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di kamar tidur anak).
c). Tentukan waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama-sama duduk di komputer, berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.
d). Pembatasan waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.
e). Komunikasikan manfaat positif maupun negatif internet kepada anak secara gamblang. Jelaskan, internet adalah media informasi yang paling praktis serta tak terbatas. Namun, ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk maksud-maksud yang tidak baik
f). Berikan tips praktis untuk menghindari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi, tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal.
g). Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
h). Jika anak memperlihatkan tingkah laku tak wajar, segera diskusikan dengan mereka. Cari tahu, apakan internet menjadi penyebabnya
i). Tekankan pada anak bahwa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, tak kalah pentingnya dengan berinternet ria sepanjang hari
j). Jika anak anda mulai terlihat kecanduan internet atau game, segera diskusikan dengan ahli. Mereka tahu betul bagaimana menjadikan hidup anak anda tak hanya dihabiskan di depan computer.
BAB 3
A. PENUTUP
a) kesimpulan
Pada dasarnya, sang pembuat internet berniat baik untuk menciptakan internet. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selektif dalam menggunakan intern. Tak boleh berlebih-lebihan dan membuang-buang waktu. Karna kata pepatah arab "Al-waqtu kas-saif illam-taqtho'hu qatha'aka" 
Waktu ibarat pedang, jika kamu tidak memotongnya,
niscaya pedang itu yang akan memotongmu.

b) daftar pustaka
bagindaery.blogspot.com


Penulis: Isa Anshary Hatta, Siswa Kelas XII IPA 1,
MAN Insan Cendekia Gorontalo


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive