Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Objek Wisata Budaya



مَعَالِمُ السِّيَاحَةِ الثَّقَافِيَّةِ

عَرَفْنَا مِنَ التَّارِيْخِ أَنَّ مَدِيْنَةَ جُوكْجَاكَرْتَا كَانَتْ مَشْهُوْرَةً فِى تَارِيْخِ اسْتِقْلاَلِ بِلَادِنَا، إِذْ كَانَتْ جوكجاكرتا عَاصِمَةَ إِنْدُونِيسِيَا بَعْدَ اسْتِقْلَالِهَا فِيْمَا بَيْنَ عَامِ  ١٩٤٦ وَعَامِ ١٩٤٩. وَكَانَتْ هٰذِهِ الْمَدِيْنَةُ قَدِيْمًا عَاصِمَةً لِمَمْلَكَةِ (مَاتَارَام) الَّتِي يَرْجِعُ تَارِيْخُهَا إِلَى الْقَرْنِ الْعَاشِرِ الْمِيْلَادِيِّ. وَ مِنْطَقَةُ جوكجاكرتا مَعْرُوْفَةٌ بِاسْمِ (الْمُحَافظةُ الْخَاصَّةُ) لِأَنَّهَا مَا زَالَتْ تَحْتَفِظُ بِمَظَاهِرِ السُّلْطَنَةِ الْقَدِيْمَةِ. وَأَهَمُّ مَعَالِمِ السِّيَاحَةِ فِى جوكجاكرتا قَصْرُ السُّلْطَانِ، نُشَاهِدُ فَيْهِ الْآثَارَ الْقَدِيْمَةَ لِلسَّلْطَنَةِ . وَبَعْدَ ذَالِكَ نَزُوْرُ مَسْجِدَ السُّلْطَانِ الَّذِى يَزِيْدُ عُمْرُهُ عَلَى ٥٠٠ عَامٍ وَإِلَى جَانِبِ ذَالِكَ نَزُوْرُ مَصَانِعَ الْفِضِّيَّاتِ وَ نَزُوْرُ مَعَارِضَ الْأَقْمِشَةِ التَّقْلِيْدِيَّةِ الْمَعْرُوْفَةِ بِاسْمِ "البَاتِيك".



نُغَادِرُ مَدِيْنَةَ جوكجاكرتا إِلَى مَعْبَدِ "بوروبودور" يَقَعُ الْمَعْبَدُ عَلَى بُعْدِ ٤٥ كيلومترًا تَقْرِيْبًا عَنْ جوكجاكرتا وَيَرْجِعُ تَارِيْخُهُ إِلَى الْقَرْنِ الثَّامِنِ الْمِيْلَادِيِّ. وَهُوَ مِنْ أَشْهَرِ الْمَبَانِى اْلقَدِيْمَةِ فِى اْلعَالَمِ وَهُوَ مَعْرُوْفٌ بِأَنَّهُ مِنْ عَجَائِبِ الدُّنْيَا السَّبْعَةِ، وَهُنَاكَ مَعَابِدُ أُخْرَى يُمْكِنُ أَنْ نَزُوْرُهَا مِثْلُ مَعْبَدِ "برامبانان" وَ مَعْبَدِ "مندوت".
تَقَعُ مِنْطَقَةُ " تُوْرَاجَا " فِى سُولَاويسِى الجَنُوْبِيّةِ. وَهِيَ مَعْرُوْفَةٌ بِمَقَابِرِ مَوْتَاهَا الْمَحْفُوْرَةِ فِى حَائِطٍ جَبَلِيٍّ يَقُوْمُ الْحَائِطُ عَلَى ارْتِفَاعٍ عَالٍ جدّا. وَهِيَ مَقَابِرُ فَرِيْدَةٌ لَا نَجِدُهَا فِى إندونيسيا بَلْ رُبَّمَا لَا نَجِدُهَا فِى الْعَالَمِ كُلِّهِ. وَقَدْ وَفَّرَتْ الْحُكُوْمَةُ الإِندُونِيسيَّةُ لِلسُّيَّاحِ أَنْوَاعَ الْمَرَافِقِ وَالتَّسْهِيْلَاتِ السِّيَاحِيَّةِ مِثْلُ الْفَنَادِقِ وَالطُّرُقِ الْمُعَبَّدَةِ وَآلاَتِ الْمُوَاصَلَاتِ وَغَيْرِهَا.

مشهورة
Terkenal
معارض
Pameran
عاصمة
Ibu Kota
الأقمشة التّقليديّة
Kain Tradisional
القرن
abad
نغادر
Meningalkan
منطقة
Daerah
المعبد
Candi
السّياحة
Wisata
الجنوبيّة
Selatan
مصانع الفضّيّات
Pabrik Perak
التّسهيلات
Sarana/Fasilitas


 Kita tahu dari sejarah bahwa kota Djogjakarta terkenal dalam sejarah kemerdekaan negara kita, ketika itu Djogjakarta merupakan ibukota Indonesia setelah kemerdekaan antara 1946 dan 1949. Ini adalah ibukota kuno Kerajaan Mataram yang sejarahnya kembali ke abad kesepuluh. Dan Djogjakarta adalah daerah yang dikenal sebagai (Daerah Istimewa) karena mereka masih mempertahankan tradisi-tradisi dari Kesultanan dulu. Objek wisata yang paling penting di Djogjakarta adalah Istana Kesultanan, dimana kita bisa melihat jejak-jejak kuno Kesultanan. Setelah itu kita bisa mengunjungi Masjid Sultan, yang berusia lebih dari 500 tahun. Selain itu kita juga bisa berkunjung ke pabrik perak dan mengunjungi pameran kain tradisional yang dikenal sebagai "batik".
Sekarang kita meninggalkan kota Djogjakarta menuju Candi "Borobudur". Candi ini terletak sekitar 45 kilometer dari Djogjakarta dan sejarahnya kembali ke abad kedelapan. Candi tersebut merupakan bangunan tua terkenal di dunia, dan terkenal karena termasuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Di sana juga terdapat candi-candi lain yang bisa kita kunjungi seperti Candi "Prambanan" Candi "Mendut".
Daerah "Toraja" terletak di Sulawesi Selatan. Toraja sangat terkenal dengan kuburan jenazahnya yang ditanam di dinding bukit pada tempat yang sangat tinggi. Itu merupakan makam yang unik dan tidak ditemukan di Indonesia, bahkan tidak ditemukan juga di seluruh dunia. Pemerintah Indonesia telah menyediakan berbagai fasilitas wisata untuk para wisatawan seperti hotel, jalan, alat-alat transportasi dan lainnya.
Share:

6 komentar:

  1. pasti keluar di UAS.
    mantap dah

    BalasHapus
  2. keren bahasa arabnya gan,,,
    pahamilah, insyaallah berkah... :)

    BalasHapus
  3. Insya Allah pasti ada di UAS, semoga nanti UASnya tidak ada yang di bawah KKM bahasa arab ya..

    BalasHapus
  4. @Irfan: Amin, berkah insya Allah..meskipun bahasannya tentang objek wisata budaya, tapi smoga kemmpuan bahasa arabnya membantu untuk memperdalam quran dan hadits..

    BalasHapus
  5. Mantap ustad (y)
    Benteng otanahanya mana Ustad? :D

    BalasHapus
  6. Mohon maaf iqmi, Untuk benteng otanaha yang terletak di gorontalo belum sempat dimasukan dalam kurikulum, tapi meskipun tidak ada kita tetap bangga adanya salah satu objek wisata budaya dan bersejarah di gorontalo..

    BalasHapus

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive