Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

MENELADANI ASMA ALLAH AR-RASYID



Semoga Allah Yang Mahatepat tindakan-Nya, menganugerahi kita ilmu yang luas, hati yang lapang, dan kebijaksanaan, sehingga kita mampu bertindak secara tepat dalam segala situasi.

Tuhan kita memiliki nama Ar Rasyid atau Allah Yang Mahatepat Tindakan-Nya. Kata ar-rasyid tersusun dari huruf ra`, syin, dan dal, yang makna dasarnya adalah ketepatan dan lurusnya jalan. Dari makna ini lahirlah kata rusyd atau manusia yang sempurna akal dan jiwanya. Dengan kesempurnaan ini, ia mampu bertindak dan bersikap secara tepat. Susunan huruf ini melahirkan pula kata mursyid yang artinya memberikan bimbingan atau petunjuk dengan cara tepat. Jadi ada yang disebut mursyid, maka ia adalah orang yang tepat untuk menunjukkan ke jalan yang tepat dengan cara yang tepat pula.

Kata rasyid bermakna pula kekuatan dan keteguhan. Rasyadah berarti batu karang. Suatu benda yang menunjukan kekuatan dan keteguhan. Kalau orang bernama rasyid, maka orang tersebut harus memiliki karakter tangguh, kuat, dan mampu bertindak tepat.

Karena Allah memiliki sifat Ar Rasyid, maka semua tindakan Allah pasti tepat, cermat, dan tidak akan meleset. Ketentuan Allah tidak akan terlambat dan tidak pula terlalu cepat. Tidak kebesaran, tidak kekecilan. Tidak kelebihan, tidak pula kekurangan. Allah akan memberikan balasan dengan tepat dan sebanding dengan kapasitas amal yang dilakukannya. Difirmankan,
فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha kuasa atas segala sesuatu (QS. Al Baqarah [2]: 284).

Sayangnya, karena terbatasnya ilmu dan tingkat ma`rifatullah, kita sering kecewa terhadap semua ketentuan Allah. Kita merasa bahwa keinginan kita lebih tepat daripada ketentuan Allah. Akibatnya kita sering kecewa ketika keinginan tidak terkabul. Padahal, menurut ilmu Allah, apa yang kita inginkan tidak baik dan berbahaya bagi kita. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu; dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu.  
وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ
Sesungguhnya Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (QS Al Baqarah [2]: 216).

Karena itu, jika kita meyakini bahwa Allah itu Mahatepat tindakan-Nya, maka kita akan bersabar atas segala ketidakenakkan yang menimpa. Walau manusia bermilyar jumlahnya, namun balasan Allah pasti tepat kepada setiap orang sesuai keimanan dan kekufurannya. Balasan yang diberikan pun tidak akan tertukar. Maka, jangan khawatir menghadapi semua ketentuan Allah, selama niat kita lurus dan ikhtiar kita optimal.

Allah bertindak tepat karena ilmu-Nya Mahaluas, tidak bertepi. Ketepatan itu berbanding lurus dengan pengetahuan yang dimiliki-Nya. Bukankah Dia Al `Alim, Dzat Yang Maha Mengetahui? Seorang hakim akan memutuskan perkara dengan tepat, jika ia memiliki pengetahuan serta bukti yang lengkap. Semakin lengkap data yang di miliki, akan semakin tepat pula keputusan yang diambil.

Apa hikmahnya? Pertama, kita akan mampu bertindak tepat jika memiliki ilmu yang luas. Misal, kita akan bicara tepat jika memiliki kekayaan kata-kata. Begitu pun dalam hidup. Orang yang kurang ilmu akan sulit bersikap bijak menyikapi hidup. Seorang ibu hamil dan tidak memiliki ilmu memadai akan cenderung tersiksa dengan kehamilannya. Seorang ayah yang tidak memiliki ilmu mengurus keluarga, akan stres dengan istri dan anak-anaknya.

Kedua, kita bisa bertindak tepat jika memiliki sistem pengendalian diri dan kesabaran ekstra. Tindakan yang emosional cenderung tidak tepat alias gagal menghasilkan solusi. Sikap emosional lebih banyak menghasilkan masalah daripada menyelesaikan masalah. Dengan sikap sabar, jernih, dan pengendalian diri, insya Allah setiap masalah dapat diselesaikan dengan tepat dan bijaksana. Dengan tindakan yang tepat, resiko pun bisa diminimalisasi. Hidup pun insya Allah akan lebih mudah.
(KH. Abdullah Gymnastiar)
Share:

1 komentar:

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive