Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Asma Allah As-Salam



As-Salam berati Maha Pemberi Keselamatan. Seperti dalam silsilah Al-Hadist ash-Shahihah
إن السلام اسم من أسماء الله تعالى ، وضعه في الأرض ، فأفشوا السلام بينكم
“Sesungguhnya As-Salam (Maha Pemberi Keselamatan) adalah salah satu nama dari nama-nama Allah yang Maha Tinggi yang diletakkan-Nya di bumi. Maka sebarkanlah salam di antara kalian.”
As-Salam yaitu sifat Allah yang memberikan keselamatan dunia dan akhirat kepada seluruh makhluk-Nya, baik manusia beriman atau kafir, binatang, tumbuh-tumbuhan dan makhluk lainnya. Seperti yang terdapat dalam surat Al-Hasyr ayat 23 :
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ
“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”


As Salam yang memiliki mutlak sifat kesejahteraan dan keselamatan. Keselamatan ini adalah sesuatu yang dimiliki oleh Allah SWT yang sangat dibutuhkan oleh para makhluk-Nya. Sifat selamat ini terutama sangat dibutuhkan oleh para mahluk Allah SWT agar dapat terhindar dari azab, siksa, malapetaka dan kerugian. Ada peribahasa Turki yang mengatakan ”janganlah bergantung kepada sebatang pohon yang akan menjadi kering dan tumbang, janganlah bergantung pada manusia karena mereka akan menjadi tua dan mati”. Orang yang bergantung pada Allah swt (As salam) maka ia akan selamat dan tidak akan pernah panik. Kekuatan Allah swt akan menampakkan diri pada orang itu sebagai sikap pemberani orang beriman. Dengan nama As-Salam ini pulalah suatu surga dinamakan, Daarus Salaam. Yang berarti nama Allah ta’ala ini sangat besar hikmah dan manfaatnya untuk kita ketahui dan pahami.
Sifat As-Salam juga mengandung hikmah bahwa manusia diciptakan untuk hidup bersama orang lain. Oleh karena itu, interaksi yang dibangun hendaknya bisa menimbulkan iklim dan atmosfer yang menghadirkan kedamaian dan kesejahteraan.
Ibnu Qutaibah  mengatakan, “Dia menamai Diri-Nya dengan as-Salam karena Dia selamat dan bebas dari aib, kekurangan, kehancuran, serta kematian yang mengenai makhluk-Nya.” (Gharibul Qur’an)
Al-Khaththabi  mengatakan, “As-Salam adalah sifat Allah swt, yaitu yang selamat dari segala aib, serta bebas dari segala kejelekan dan kekurangan yang dapat menimpa makhluk.” (Sya’nud Du’a)
Ibnu Katsir  mengatakan ketika menjelaskan ayat di atas, “As-Salam yakni yang selamat dari segala cacat dan kekurangan karena kesempurnaan-Nya dalam Dzat, sifat, dan perbuatan-Nya.”
As-Sa’di  mengatakan, “Al-Quddus, as-Salam yakni yang diagungkan, yang suci dari seluruh kekurangan dan keserupaan makhluk terhadap-Nya, serta yang suci dari siapa pun yang akan mendekati atau menyamainya pada salah satu sisi kesempurnaan-Nya.”
Dengan mengimani nama Allah as-Salam, kita mengetahui kebesaran Allah swt dan kesucian-Nya. Allah swt suci dari segala kekurangan dan cacat, sebagaimana halnya Ia suci dari serikat dan tandingan. Keyakinan ini membuat kita semakin mantap dalam beribadah kepada-Nya karena Rabb yang kita ibadahi adalah Rabb Yang Mahasempurna, tiada kekurangan-Nya sedikit pun. Dengan demikian, segala pinta dan harapan kita dalam tawakal dan doa tidak akan sia-sia. Dia pasti memenuhi janji-Nya dan Mahakuasa untuk memenuhinya karena Dia Mahakaya dan Mahamampu. Maka dari itu, ibadahilah Dia satu-satu-Nya, tentu ibadah kita takkan sia-sia. Tinggalkan semua sesembahan selain-Nya, karena selain-Nya tidak ada yang memiliki kesempurnaan seperti yang dimiliki-Nya, yang ada justru berbagai kekurangan.

Marilah kita ambil hikmah dari nama indah Allah swt (As-Salam) dan berusaha menerapkan dalam diri kita untuk kehidupan sehari-hari agar terus nampak cahaya Islam dari jiwa raga kita dan terjaga dari segala kemadhorotan sampai datang hari perhitungan.

Wallahu A`lam
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive