Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Ikhlas Beramal


IKHLAS BERAMAL

Keikhlasan manusia dalam amalnya meliputi setiap individu yang diharapkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan yag sudah menjadi kewajiban atau sifatnya anjuran dengan hanya mengharap keridhoan Allah swt. Dan Allah Azza Wajalla telah memuji dan menyediakan balasan yang besar bagi orang-orang yang beramal ikhlas dan ikhlas beramal, sebagaimana tercantum dalam Al-Quran Al-Karim:


{فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاء رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلاً صَالِحاً وَلا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَداً} سورة الكهف:110 
Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya (Allah swt)".
Dari ayat di atas, tampak jelas betapa orang yang beramal sholeh lalu dengan amal sholeh itu dia tidak pernah menyekutukan Allah swt sedikitpun dan ketika ia beramal, ia tujukkan amal-amal tesebut hanya untuk Allah swt, bukan mengharap pujian manusia apalagi imbalan dan pamrih dari manusia.

وفي السنة الشريفة ورد عن الإخلاص في حديث الرسول صلى الله علية وسلم في السبعة الذين يظلهم الله يوم لا ظل إلا ظله (ورجل تصدق بصدقة فأخفاها حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه ورجل ذكر الله خالياً ففاضت عيناه) كما حث عليه الصلاة والسلام الإنسان بمواصلة العمل حتى مع بدايات يوم القيامة في قوله الشريف ( إذا قامت الساعة وفي يد أحدكم غرسه فلا يدعها حتى يغرسها). 
Dalam ayat lain Allah swt berfirman:
{الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ} الآية 2 من سورة الملك. 
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (QS.Al-Mulk: 2)

Allah swt menciptakan hidup dan mati agar Dia bisa menguji umat manusia, manakah diantara mereka  yang lebih baik amalnya, lebih mulia kepribadiannya, dan lebih tinggi nilai ketakwaannya. Hanya orang yang beriman dengan sebenar-benarnya iman yang mampu memahami dan menghayati serta mengamalkan konsep diciptakannya kehidupan dan kematian oleh Allah swt. Tiada satupun tujuan dalam beramal kecuali hanya karena Allah swt dan hanya untuk meninggikan kalimah dan panji Allah swt.
Di dalam hadits nabawi atau sunnah syarifah disebutkan tentang keikhlasan, dimana tercantum dalam hadits Rasulullah saw tentang 7 golongan yang akan mendapatkan naungan Allah swt di hari tidak ada naungan melainkan hanya naungan Allah swt:

(ورجل تصدق بصدقة فأخفاها حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه ورجل ذكر الله خالياً ففاضت عيناه)
Dan seorang laki-laki yang bersedekah lalu ia menyembunyikan sedekahnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang disedekahkan tangan kanannya. Dan eorang laki-laki yang senantiasa berdzikir kepada Allah swt dalam keadaan sepi (tidak terlihat orang), sampai-sampai ia meneteskan air matanya.

Subhanallah, alangkah besarnya balasan bagi orang yang ikhlas beramal. Balasan yang sangat dinantikan, dan balasan terbaik dari Allah swt.




Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP