Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Salman Al-Farisi



Salman Al-Farisi r.a
(Sahabat, Ashbahan, w 32 H)

“Ilmu itu banyak sedangkan umur itu pendek, maka ambillah ilmu yang kamu butuhkan dalam urusan agamamu dan tinggalkan yang lainnya yang dapat menjauhkanmu dari Allah swt. Jangan kamu pedulikan.”

“Perumpamaan orang mukmin di dunia ini seperti orang sakit yang berada dalam pengawasan dokter yang tahu penyakit dan obatnya. Bila pasien itu menginginkan sesuatu yang membahayakan, maka dokter itu akan melarang dan menasehatinya, “jangan kau dekati, karena jika kamu melakukannya, ia akan mencelakakanmu.” Dokter it uterus melarang hingga ia sembuh dari penyakitnya. Begitupun orang yang beriman, jika ia ingin kenikmatan dunia yang Allah lebihkan kepada orang lain, maka Allah swt akan melarang dan menghindarkannya sampai ia meninggal dunia lalu Allah swt memasukannya ke dalam syurga.”


“Perumpamaan hati dan tubuh seperti orang lumpuh dan orang yang buta. Orang yang lumpuh berkata kepada yang buta: Sesungguhnya aku melihat kurma namun aku tidak mampu bediri untuk mengambilnya, maka gendonglah aku. Lalu orang buta pun menggendongnya. Orang yang lumpuh makan terebih dahulu kemudian memberi makan kepada yang buta.”

“Apabila kamu melakukan keburukan dengan sembunyi-sembunyi maka berbuat baiklah dengan sembunyi-sembunyi. Dan apabila kamu berbuat keburukan dengan terang-terangan maka berbuat baiklah dengan terang-terangan agar keburukan itu terhapus oleh kebaikan.”

“Ada tiga tipe orang yang membuatku terheran-heran hingga membuatku tertawa. Yaitu 1. Orang yang mengangankan dunia sedang kematian mencarinya. 2. Orang yang lalai padahal ia tak pernah dilalaikan. 3. Orang yang tertawa ria, padahal ia tidak tahu apakah Rabb semesta alam murka atau ridho kepadanya. da nada tiga hal yang membuatku sedih hingga menangis. yaitu 1. berpisah dengan Muhammad saw besertapara sahabatnya. 2. huru-hara hari ditimpakkannya amal perbuatan. 3. Hari ketika aku berdiri di hadapan Rabbku Allah swt, sementara aku tidak tahu apakah aku masuk syurga atau neraka.”

“Sesungguhnya jika seorang hamba yang terbiasa berdoa kepada Allah swt di waktu lapang, lalu dia ditimpa kesulitan dan berdoa, maka malaikat kan berkata: Ini adalah suara yang telah dikenaldari seorang manusia yang lemah. Kemudian merekapun memintakan syafa`at untuknya. Akan tetapi jika seorang hamba tidak pernah berdoa kepada Allah swt di waktu lapang, lalu dia tertimpa kesulitan, maka malaikat akan berkata: Suara yang tidak dikenal dari seorang hamba, dan merekapun tidak memintakan syafa`at untuknya.”

“Sesungguhnya Allah swt menguji hamba-Nya yang mukmin dengan penyakit kemudian Dia menyembuhkannya sehingga sakitnya menjadi penghapus segala dosa dan khilafnya yang telah lalu. Kemudian dia meminta keridhoan-Nya terhadap sisa umurnya. Dan sesungguhnya Allah swt menguji hamba-Nya yang pendosa dengan penyakit, kemudian Allah swt menyembuhkannya sehingga ia ibarat seekor unta yang diikat oleh pemiliknya kemudian ketika mereka melepaskannya, onta itu tidak tahu; kenapa mereka mengikatnya dan mengapa pula mereka melepaskannya.” 
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive