Menyelami dalamnya lautan ilmu Islam hingga nampak cahaya dan terasa indah dalam sukma

Fi`il Mudhari` Marfu`

Fi`il Mudhari` Manshub

Muqaddimah



MENGENAL KITAB TANBIHUL GHAFILIN

                Segala puji bagi Allah swt, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam untuk Nabi akhir zaman Nabi Muhammad saw dan parakeluarga serta sahabatnya.

Sebelum Penulis menyampaikan isi dan materi kitab Tanbihul Ghafilin, alangkah lebih baiknya kita mengenal dulu kitab yang dimaksud agar lebih dapat menikmati, menghayati, mentadabburi lalu mengamalkannya dalam kehidupan kita.

Kitab Tanbihul Ghafilin adalah kitab yang dikarang oleh seorang ulama besar Al-Faqih Az-Zahid Abu Laits Nashr bin Ibrahim As-Samarqandi yang dikenal dengan nama Abul Laits As-Samarqandi, yang dalam kitab terjemahannya menggunakan nama Al-Faqih, suatu panggilan bagi seseorang yang tingkat keilmuannya sangat dalam. Beliau dikenal sebagai seorang sufi, zahid, dan ahli fiqih yang wafat pada tahun 373 H/983 M. Karya-karyanya kebanyakan mengangkat tema dakwah, diantaranya adalah: Kitab Tafsirul Quran, Bustanul Arifin, dan Tanbihul Ghafilin.
 
              Tanbihul Ghafilin adalah kitab yang tergolong populer karena digandrungi oleh para Kiyai dan santri di banyak pesantren, karena selalu dijadikan rujukan dan referensi mereka sebagai da`i dan muballigh dalam aktifitas-aktifitas dakwah baik di Masjid, Madrasah ataupun majlis-majlis ta`lim. Tanbihul Ghafilin memiliki muatan nasihat yang tinggi dan mengena ke dalam diri setiap insan. Dan peringatan yang ditampilkannya mampu menjadi bekal pengertian dan kesadaran yang mendalam untuk memperbaiki jiwa dan moral umat manusia dari kelalaiannya.
Tujuan esensial yang ingin dicapai Al-Faqih adalah mengajak ke jalan yang benar yakni jalan Tuhan (Allah swt), dan segala hal yang disampaikannya mampu disampaikan kembali dalam bingkai dakwah Islam kepada orang lain. Kitab ini juga berusaha membongkar pengalaman-pengalaman menakjubkan berkaitan dengan kehidupan keberagamaan yang terjadi dalam sejarah manusia dan tak luput dari konsep-konsep ketauhidan, ibadah, mua`amalah, dan syari`at-syari`at Islam yang diajarkan baginda Nabi Muhammad saw, para sahabat, tabi`in, dan para ulama salaf yang shaleh.
Setiap uraian penjelasan dimana sifat pembahasannya adalah tematik senantiasa diperkuat oleh argumen-argumen yang kuat dari nash Al-Quran ataupun Al-Hadits dan juga fatwa-fatwa ulama, sehingga tidak menimbulkan keraguan dan kebimbangan dalam menerima semua nasehat kebaikan yang disampaikan.   
Akhirnya kita semua berharap dan berdoa semoga apa yang kita kaji, mampu menghiasi kehidupan kita dan menjadi washilah datangnya ridho dan berkah Allah swt. 

Amin Ya Rabbal `Alamin..
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Latest Posts

Back to Top

Recent Posts

default
Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Cari Blog Ini

Blog Archive


CAHAYA ISLAM

Join & Follow Me

Recommend us on Google!

Postingan Populer

Sepakbola GP

Blog Archive